internetan pakai handphone jadi modem


Ngenet pake hp

Di sini bisa, di sana bisa,di situ bisa, di mana-mana!

Ga perlu susah2 cari hotspot wimode di jambi (ya iyalah! Emg blom ada, klo ada pun jg msh lama bgt!) , sebenernya udh dari dulu bisa, pake gprs, sinyal ada di mana2! Ga mahal koq, yg paling murah cuma rp55/30dtk atau rp1/kb cuma jarang sekali sosialisasinya, dengan speed yang dijanjikan si empunya 115Kbps (ingat! 1 KB = 8 Kb), itu kalo traffic nya sepi, kalo rame bisa lambat sekali. Sebenernya ada yang lebih cepat; 3G / 3.5G yang mengklaim bisa sampai 2Mbps tapi sayang di Jambi hanya yang menyediakan baru satu operator, itu pun muaaaaaahaaaaaallll!!! Dan Cuma menjangkau daerah kota saja. Jadi lebih baik kita bahas yang murah dan ada sampai di pelosok Jambi beh!

Siapkan bahan2 berikut;
1. 1 unit laptop keren, batrenyo full!
2. 1 buah hp yg punya fitur m0dem(umunnya semua type hp skrg udh bs m0dem)
3. Penghubung hp ke laptop (bisa kabel data, infra red adapter, atw Bluetooth( selanjutnya di tulis blotot=> susah ngetiknya) adapter trgntg jenis hp dan keuangan anda)
4. 1 paket perdana mentari / im3 (kenapa? Krn mentari / im3 tarif gprsnya paling murah!)
5. Driver hp (jika hp minta driver untk jadi m0dem)
6. Semangkuk Bakso Sukat (nda make micin, kecap, saos) berikut keripik dan es tebunya.
7. Progam MIRC (optional jg,, biar ga suntuk klo lg lambat, mending disambi chating! Dapet kenalan lumayan lho!)
8. Terakhir, seperangkat alat sholat (bwt sembahyang, klo udh denger azan)

Cara membuat:
1. Hubungkan hp ke Pc melalui bahan n0 2 tadi. Jangan lupa sebelumnya di masukan perdana mentari / im3 yg ada pulsanya. (contoh saya di sini pakai blotot, jika anda pakai blotot pertama kali, anda akan diminta melakukan pairing antara hp dan pc anda hingga bisa terdeteksi sebagai modem)
2. Pastikan hp di deteksi sebagai modem di PC, umumnya begitu terhubung lsg terdetek sbg modem, jika blm, mintalah bantuan driver.
3. Masuk ke menu kontrol panel=> phone n modem=> propertis, pada tab modem, pilih modem hp yg udh terinstal td lalu propertis=> tab advance pada box extra setting masukkan script AT+CGDCONT=,,”indosatgprs”<cr> (umumnya nokia pakai command begini) atau AT+CGDCONT=1,”IP”,”indosatgprs”
(biasanya hp motorolla, siemens dan sony ericcsson yang command begini.) pilih mana yang cocok lah..

klik oK.
4. Nah tinggal membuat akun koneksi dial up baru di menu kontrol panel=> conections. Buatlah seperti anda membuat akun koneksi telkomnet instan, hanya saja anda cuma perlu mengganti:
a. Dialup number: *99# atau *99***1# (pilih mana yang cocok)
b. User name: indosat
c. Pasword: indosat
5. Jika tlah selesai, klik aja tuh akun, pilih propertis dan pastikan using modem nya di centang modem hp ( jika terdapat lebih dari satu jenis modem).
6. Jika sudah, klik connect
7. Internet siap di sajikan. Tambahkan bakso dan es tebu sesuai selera.
Saran penyajian: liHAT gambAR.

N.b.
1. Walaupun agak lambat daripada telkomnet, tapi sangat membantu untk sodara2 yg tdk terjangkau kabel telepon atau ga ada listrik, misalnya di bahar!! Atau yg sedang d perjalanan mau mengirim email, laporan ke kantor, dari pada ngantar laporan bahar=>sengeti (±130Km Hiks…)mendingan modal 5rb(tapi belinya di Jambi juga… sama saja bolak-balik!!!) udh bs dapet perdana mentari / im3 pulsa 10rb yg dipakai selama 1,4 jam! Sekaligus bisa download byk2,update anti virus, dll Lumayan!!

2. Script: AT+CGDCONT=,,”indosatgprs”<cr>
tulisan “indosatgprs” adalah nama titik akses (access point) dapat dirubah2 termasuk username dan passwordnya tergantung operator yg anda akan pakai. Berhubung mentari paling murah, makanya saya pakai mentari / im3.

3. Berikut daftar tarif saat ini yg berhasil kami himpun:
A. Simpati/ As : Rp5/kb
access point : “telkomsel”
user name : “wap”
password : “wap123″
Untuk aktifasi gprs/mms kartu ketik “MMS” kirim ke 6616

B. pro xl/Bebas/jempol/jimat: Rp10/kb
access point : www.xlgprs.net
user name : “xlgprs”
password : “proxl”
Untuk aktifasi kartu silahkan hubungi 817 dari kartu XL anda, atau kunjungi XL center yang di mall kapok!

C. Mentari / im3 (tarif per data transfer): Rp1/kb
access point : “indosatgprs”
username : “indosat”
password : “indosat”
Untuk aktifasi kartu: tidak perlu kaena sudah otomatis bisa dipakai begituan.

D. Mentari / Im3 (tariff per durasi): Rp. 55/30detik
access point: “indosatgprs”
username : “indosat@durasi”
password : “indosat@durasi”
Untuk aktifasi kartu: tidak perlu karena sudah otomatis bisa dipakai begituan.

E. Three : Rp 15/Kb (kalo nda salah… sayup-sayup!)
access point : “3gprs”
Username : “3gprs”
Password: “3gprs”
Untuk aktifasi kartu: kayaknya tidak perlu karena sudah otomatis bisa dipakai begituan.( tapi entahlah, cuba anda Tanya ke 3 center yang di depan SMP N 2)

4. Tarif dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terdahulu, tergantung suasana hati si direktur.

Tips
1. Karena mentari / im3 paling murah, harga perdananya jg murah, Rp.5rb kadang cuma rp5rb, dan tarifnya bisa diatur berdasarkan volume data transfer atau waktu data transfer, maka, mentari / im3lah yg paling layak di pakai untuk internetan di pC, karena data transfer di pC sgt byk sekali, dan jarang terkontrol, maka dari itu lbh baik yg bisa hitungan waktu kan?? Trus kalo dipake chatting anda bisa pake tariff per Kb.

2. Saya sarankan jangan menggunakan infra red, soalnya lambat sekali dalam pengiriman data, pakailah blotot atau kabel data.

3. Jika make kabel data, dan belum bisa terdeteksi sebagai modem, walaupun make driver, installah “merk Hp”Pc suite , itu akan bisa langsung mendeteksi modem Hp anda. Dan juga bisa konek internet dengan klik pilihan konek ke jaringan, dan isi pengaturan akses poin, username, dan password tanpa harus menulis script membingungkan diatas. Tapi sayang, aplikasi tersebut biasanya memberatkan kinerja PC oleh karena itu saya lebih suka make cara di atas.

4. Jika anda hendak mengirim / terima email, lebih baik menggunakan email client seperti outlook expres, Eudora, opera dll. Karena akan sangat membantu dikala lagi lemooottt.

Selamat mencoba.

Ttd

shagat

*) coret mana yang anda tidak suka
**) Sudah teruji di rumah shagat, kantor camat shagat, dan kantor BPS shagat.

16 thoughts on “internetan pakai handphone jadi modem”

  1. @infokomtekno
    wah kalo gsm gratis pernah nyoba sih, tapi slalu ketauan dari adminya op…
    saya liat di forum cyberphreaking.com

    @rhozy
    sama2 bro

  2. bsa nga hape seri nokia 3120 jdi modem???? lo bsa ap az nech syarat2x?????…

    mslahnya saya pernah baca dbloq.. katanya hape seri 3210 bsa jdi modem????

    tolongin donk omz,, bingung nechhh??? hehehehehe

    the best dech tu omz2

  3. @raiden
    ooo.. 3120 ya..?? yang bentuknya mirip 3100 kan? dan yang kamu maksud bukan 3120 classic kan?

    kalo 3120 model lama nih emang sama dengan 3100,, udah bolak-balik belum ketemu caranya, apa emang ga bisa kali ya? koneksi ke pcnya kan cuma kabel data, ga ada infra red atw blutut. pas di colok juga pc gw ga bisa ngedetect sbg modem. Tapi kalo yang lo punya 3120 classic yang udah 3G tuh ya tentu aja bisa jadi modem.

    tapi jaman sekarang mending lo pake aja hp 3G second, kalo bisa yang 3,5G atw HSDPA yang murah2 tuh,ada tuh SE K608 cuma 700rb. soalnya koneksi gprs sekarang terasa lambatnya dibanding dengan 3G.

    Tp kalo tetep mau GPRS gp paling murah gw saranin motorola c380. kabelnya gampang dicari. instalnya gampang. harga second paling 150rb.

  4. gampang bro, lo cuma butuh aplikasi motorola driver installer. googling aja, coz saya dah lupa dimana. abis di instal, klik naxt-next aja. selesai. kemudian sambungkan hp ke pc pake kabel data ntu. langsung ke detect sbg modem. gampang kan?

  5. @D_ver
    aplikasi yang mana nih maksudnya Bro?
    kalo driver modem, ya bawaan dari hpnya sendiri, kalo ga ada cari di google, selebihnya yang ada di atas ga pake aplikasi2an. Yang penting lo buat dulu hpnya kedetect sbg modem

  6. Aku juga gunakan HP nokia 3120 c sebagai modem melalui bluetooth. settingannya mudah aja seperti apa yang dijelaskan shagat tadi. namun ada kendala nich, aku pingin pake kabel data tetapi tidak ada pc suitnya gmn nich?, dimana ya bisa dapatin PC Suit Nokia 3120 classic ?. trimakasih

  7. @priyo
    Ya, memang menggunakan kabel data lebih baik drpd blutut. Lebih stabil. Biasanya beli kan udah include? Atau kalo pas hp tuh di colokin usb langsung kedetect sbg modem ga? Kalo kedetek ya gak usah pake pcsuite, ikuti langkah2 saja. Kalau download pcsuite, wah pusing juga tuh, soalnya pernah nyari gag ketemu. Coba deh googling lagi.

  8. @mas Wempi: m2 ??? m2 bisa koq, M2 kan anak perusahaan Indosat, dan menggunakan jaringan Indosat GSM, di Bahar banyak koq BTS milik Indosat, tapi sayang di propinsi Jambi Indosatnya belum 3G masih gprs.. jadi yah… seperti di atas lah speednya,, tidak seperti M2 atau Flash di kota besar :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s