Jalan-jalan ke Sungai Bahar Muaro Jambi, Jambi , Indonesia


ehm..
melanjutkan cerita tentang sungai bahar…
tips buat anda yang ingin menjelajahi sungai bahar:
1. bawalah batre handphone cadangan yang udah full (maklum, walaupun sebagian kecil desa udah masuk listrik PLN, tapi masih sering mati lampu juga.
2. bersiaplah obat sakit perut, untuk anda yang pertama kali ke sungai bahar, soalnya jalannya itu loh!!! YA Ampunnnn banget!!! banyak lobang, batu2an, kalopun di aspal paling bertahan setengah tahun, soalnya tuh sungai bahar banyak sekali produksi sawitnya, jadi muatan truk2nya berat semua.
3. Saya seringkali kehilangan arah jika memasuki wilayah perkebunan sawitnya, maka dari itu sayasarankan anda menyertakan sebuah GPS untuk di bawa menjelajahi sungia bahar.
4. jangan lupa untuk BONTOT alias bawa makanan sendiri, soalnya kalau anda masuk daerah agak dalam, maka niscaya anda tidak menemukan warung makanan, terpaksa puasa kalo nekad!
5. isi bensin yang full tank dari kota jambi, kalu tidak….??? Bensin di sini mahal!!!!!!!!! tidak ada SPBU di sini, hanya ada APMS, Agen Premium, Minyak, SOlar di Unit lima (desa Rantau Harapan), itupun sering kosong.

um…
waktu pertama kali di bahar, saya sedikit heran dengan anak2 disana, masa saya lagi jalan2 mau ke kebun tetangga, tiba2 ada yang nyeletuk,” Oom!!” wah? kapan saya jadi paman mu nak??? oh oh ternyata emang disana kalo manggil orang dengan sebutan om!! hahahaha saya punya banyak keponakan nih di sini…

DI Sungai Bahar sudah dapat sinyal TELKOMSEL, INDOSAT, XL, dan CERIA. Selain Itu ga ada! Namun sayang di desa agak terpencil sinyalnya kurang bahkan tidak ada, paling cuma salah satu operator.

Ada 3 Jalan menuju Sungai Bahar dari kota Jambi;
1. Lewat desa Penerokan, Kab. Batang Hari
dari kota jambi, lewat tempino, terus belok kanan, nanti ada simpang ke nyogan, terus ke kanan, lalu ikutin teruuu…ssss sampe ketemu di pom bensin perbatasan kab. batanghari, desa penerokan, lalu terus…. dan sampe ketemu simpang 3 dan belok kiri. Nanti ketempyu simpang desa unit 6. Tips ini digunakan jika anda ingin ke desa unit6, unit16, unit13, unit14, unit12, unit19 dan desa markanding. Karena jalan ini menuju desa tersebut lebih dekat dari pada desa yang lain. NAmun sayang, jalan tempino sampai penerokan merupakan jalan lintas antar propinsi jambi-bulian-padang dll, jadi anda akan adu otot dengan truk2 besaaaaarrrr… Jadi akan banyak debu dan kotoran. Jalannya juga berlobang2 ga enak!!! saya anti banget lewat situ kalo ga terpaksa! Tapi jalannya lebar koq!

2. Lewat desa nyogan kecamatan Mestong
dari kota jambi, ketemu simpang tempino, belok kanan, jalan dikit, ketemu simpang3 kecil, dan belok kiri, itu adalah desa pelempang kecamatan mestong, habis ntu desa nyogan, kecamatan mestong juga. Jalan ini digunakan kalo anda mau ke sungia bahar unit 10, unit2,unit3, unit4, unit7, unit8, Dll. Di jalan ini anda dijammin ga akan ketemu yang namanya simpang lagi, kecuali udah di ujung jalan baru simpang di unit2 menuju antara unit satu dan menuju unit 4 (pusat Kecamatan). Jalan ini lebih sempit dibanding jalan lewat penerokan, tapi banyak mulusnya, dan juga banyak yang tewas kebut2an di nyogan. Jadi kalo lewat jalan ini hati2 lah, JAlan ini tidak disarankan buat truk!! buat mobil kecil saja, soalnya kalo truk lewat cepet rusak! pegel pinggang saya ntar!! dan jalan faforit saya ini, makanya ga mau di rusak. OH ya tapi jalannya akan jelek setelah ketemu ujung desa nyogan, dan ada lagi jelek di desa unit 2. Kalo di unit 2 nih…. wah debunya!!!!!! YA ampun banget, tapi syukurlah, tahun 2008 ini lagi di baekin, sampe september ini lagi tahap pengerasan, kalo ujan bechek, kalo panas debu banget!.

3. lewat Desa Suka JAya, Kecamatan Bayung Lincir, Sumatera Selatan.
dari kOta jambi, ketemu simpang tempino belok kiri ikutin jalannya sampe berbatasan dengan propinsi sumsel, Ketemu desa Suka Jaya, Carilah Simpang Patin (belu Aspal) tanya aja sama orang, jalan ini belum diaspal sepanjang 4 kilo kurang dan lebih, setelah itu ketemu aspal, dan ikutin aja aspal tuh (Aspalnya baru… mulus lagi!), mentoknya Di sungai bahar desa Tanjung harapan (unit9). Jalan dari jambi ke simpang pati mulussssss!!! cocok nya buat anda yang hendak ke bahar desa unit 9 dan tanjung lebar saja!!!

selesai dulu ah…!!!

43 thoughts on “Jalan-jalan ke Sungai Bahar Muaro Jambi, Jambi , Indonesia”

  1. Salam, Saya Sabtu 081108 jam 4 sore berkunjung ke Sungai Nyogan. Ada maksud untuk melakukan observasi di alam Nyogan yang masih hijau, air yang berlimpah ruah, binatang kera yang masih tersebar dimana2. Cukup menarik memang tempatnya. Masih masuk dalam planning saya untuk Mengexplorasi keanekaragaman hayati di Nyogan. Coz Nyogan is beautifull place to go.
    Salam, Silahkan mampir ke komunitas blogger Jambi di eee.bloggerjambi.blogspot.com
    Jabat erat dari saya dan salam kenal.

  2. @pakde
    oh iya bener pakde,,, di nyogan tuh natural bgt. banyak monyet lewat melintas jalan. kalau sungainya kelihatannya banyak ikan, terbukti banyak yang mancing. sayang perjalanannya jauh juga ya. capek….

  3. @m ulil
    Wah kamu bs kena uu app, sembarangan bicara kotor.
    1. Apa hubungannya kota jambi dan harga sawit?
    2. Tidakkah kau mengetahui krisis global saat ini?
    3. Sudahkah kamu belajar tentang hukum permintaan dan penawaran? Cari tahu jawabannya!
    4. Belajarlah lebih keras agar kamu bisa mengolah hasil sendiri dr pada di olah pihak lain dgn harga yg tidak memuaskan.
    5. Kamu di semarang ngapain sibuk2 mikir bahar? Paling2 anak bahar yg kuliah.

  4. Sungai Bahar, kalo menurut saya sih sudah jauh lebih maju dibanding pemukiman lain di Indonesia kalo dilihat dari umurnya kali. Saya sih emang gak punya data apapun jadi kalo aku cerita ya boleh gak percaya sih, tapi pertama kali ke Sungai Bahar kira-kira sehabis lebaran th 2003-an, khususnya ke Unit 22. Emang pertama kali sih kaget juga karena baru pertama keluar Jawa; penduduknya jarang, yang ada sepanjang aku lihat ya pohon kelapa sawit. Masuk lagi ke Unit 22 yang jaraknya (kata orang) 35 Km dari Unit 1 tadinya gak percaya kalo di sana ternyata ada ‘lampu kehidupan’.
    Saat pertama menginjakkan kaki dari Unit 1 ke Unit 22, jalan masih belum diaspal (ada sih aspal tapi paling 5 Km kali). Kembali ke Unit 22 habis lebaran th 2007 jalan sudah diaspal mulus hotmix lagi dan saat itu cuma kurang 5 Km nyampe ke pusat Unit 22. Akhir Januari 2009 saya ke 22 jalan sudah ok, emang di Unit 8 A atau unit berapa saya gak tahu saat ini rusak. Kayaknya di Unit 22 aku lihat lebih maju ditengok dari usianya yang baru 10 atau 11 tahun. Toko-toko berjejer banyak sekali (mungkin sekitar 50-an toko kali ada lho). Yang aku heran pasar tradisional justru ramai pada malam hari, pokoknya aku lihat dan rasakan aneh tapi asyik, ada kehidupan pasar tradisional di malam hari. Enaknya lagi kalo di sana (di hari biasa) yang gak hari ‘pasaran’ tradisional toko-toko pada buka, jadi kalo mau butuh apa aja jam 9 malampun masih ada.
    Katanya sih dapat lebih maju karena di sana terbuka untuk siapa saja yang mau investasi (buka usaha atau pertokoan) tanpa pandang bulu. Awalnya penduduk mengundang pedagang dari kota (Jambi) untuk investasi.
    Udah dulu deh ngantuk, pokoknya maju deh untuk Jambi, semoga akselerasi (percepatan) pembanguna melebihi daerah manapun di Indonesia. Tapi sayangnya aku dengar dan dikit-dikit baca ada banyak korupsipenyelewengan/ ya. Aduh temen-temen di Jambi bantu dong brantas itu koruptor.
    Terima kasih.
    (ondotot_jogja)

  5. owowow , , ,
    om , ,
    mank naa bahar jelek banget yaww_
    cooment naa gt zseehh , ,
    tetep cmmangattd yaw , ,
    ,_
    nyeccee , ,
    pada ngengsreng , , ,
    lupphee yuu . .
    mizt you bahar , ,
    , , , ,

  6. Lam kenal buat anak sungai bahar. .

    Selalu berdoa aja supaya bahar lebih maju dan harga sawit terus meningkat naik. .

    Berikanlah yang terbaik buat sungai bahar. .

    OK Fren. .

  7. Aq anak bahar.. Tp skrg sdh dibanda aceh.. Kota paling ujung dipulau sumatera.. Aq senang jd anak bahar.. Karna b,bagai suku ada disana.. Maklum aja soal,a disungai bahar dulu,a kan daerah transmigrasi.. Kdng2 aq pgn plg ke bahar.. Maklum aja dag kgn sm org tua disana..

  8. Th 89 aku dan keluargaku mulai masuk bahar (tepatnya di unit 4), waktu itu luar biasa natural, dibelakang rumah masih banyak monyet, lutung, bahkan ikan berlimpah disetiap rawa2 yang ada (lembat, gabus, petok, akehlah pkoke).
    Waktu itu gedung sekolah baru ada 1 berisi 3 lokal. Kiri kanan masih belukar…… Memang tak terbayangkan.
    Tapi sekarang, seiring waktu sungai bahar memang luar biasa pesat kemajuannya. Dibanding daerah trans lainnya dalan provinsi jambi, menurutku sungai baharlah yang paling maju…….
    Aku bangga menjadi anak bahar….
    Karena bahar aku bisa kuliah dijogja
    Karena bahar aku sekarang bisa bekerja lebih mapan
    Karena bahar aku punya kehidupan yang layak
    Thanks to bahar ……….

  9. saya juga pernah mainj ke sungai bahar dan punya keponakan disana suami istri suaminya kerja dan istrinya buka kantin alhamdulilah mereka maju kantinnya sangat bersih makannya enak sebab om jadi koky semua dijakarta dan batam kalau jalan kesungai bahar mampirlah ke kantin dewi broto

  10. aku asli bahar 3 dan lagi kuliah di jogja.. dilihat dari sudut mana pun, bahar tetaap istimewa di hati :*

  11. Hallo apa kabar sungai bahar
    Aku anak unit 5

    Mau tahu aku lebih jelas follow aja @erlambang_setyo dan erla seribu

  12. Wah…klo ngomongin sungai bahar gak ada habis nya…
    27 tahun tinggal di sungai bahar 8b…yah,makin rame lah,,tp agak rawan sekarang dengan yg namanya rampok,,tolong lah dari pihak keamanan nya lebih di perhatikan,…
    …085266454802

  13. Aku sih org bhar.tpat.a di nit 17 punya pcar nma.a putry di unit 5😀 hhhe sring ngpel tiap mlm ksna tp skrg dh tkut ah 😀 begal dmna” skrg.bangsat tu begal

Tinggalkan Balasan

